Diberdayakan oleh Blogger.

Traffic Light

Flash


ShoutMix chat widget

Waktu Shalat Semarang

Artikel Islam

Kesungguhan Hati Dalam BerIslam

Selasa, 05 Oktober 2010

KARAKTERISTIK UMUM AJARAN ISLAM

KARAKTERISTIK UMUM AJARAN ISLAM


Dalam rangka menjaga agama Islam dari perbedaan penafsiran dan pengamalan maka nabi saw. Bersabda yang artinya; “Sesungguhnya siapa yang hidup (lama) diantara kamu, maka ia akan melihat perselisihan yang banyak, maka ikutilah sunnahku, dan sunnah Khulafaur Raasyidin yang mendapat petunjuk”. (Hadits Shahih Riwayat Turmudzi). Di hadits yang lain, pada saat Rasulullah menjelaskan tentang golongan yang selamat dari umatnya, beliau bersabda; “Yang selamat ialah orang yang mengikuti apa yang Aku lakukan dan dilakukan oleh sahabatku” (HR. Turmudzi). Ini menunjukkan bahwa segala pemahaman dan pengamalan yang berkaitan dengan keagamaan, maka hendaklah selalu merujuk kepada pemahaman dan pengamalan nabi dan para sahabatnya, serta pengamalan para tabi’in dan tabi’it-tabi’in termasuk imam yang empat, Imam Malik, Imam al-Syafi’ie, Imam Ahmad dan Imam Abu Hanifah.
Apa yang dinyatakan di atas adalah sebagai dasar pokok agar segala apa yang dilakukan dalam kontek pengamalan agama (Islam) dapat mengarah dan menuntun umat manusia untuk mewujudkan perilaku yang ideal, yaitu perilaku yang sebenarnya diinginkan oleh ajaran agama Islam itu sendiri.
Yusuf al-Qardlawi dalam bukunya الخصائص العامة للإسلام, terbitan Maktabah Wahbah Kairo (1397 H./1977 M.) mengurai panjang lebar tentang karakteristik umum ajaran agama Islam untuk mewujudkan perilaku agama yang ideal yang selanjutnya disebut dengan al-Tadayyun al-Mansyud, yang di terdiri dari 7 hal yang mendapat perhatian :
1. Rabbaniyyah (Ketuhanan), yaitu:
a. Aspek Tujuan: mendapatkan ridla Allah swt.
b. Aspek Sumber dan Metode: berdasarkan petunjuk dan wahyu ilahi yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. sebagaimana termaktub dalam al-Quran dan sunnah.
2. Insaniyyah (humanisme): Tidak ada pertentangan antara konsep ketuhanan dan humanisme, karena salah satu ajaran ketuhanan adalah untuk menjunjung tinggi derajat manusia dan memuliakannya.
3. Syumul (bersifat umum, holistik), yaitu: Ajaran yang aplicatable untuk segala zaman, tempat , sekaligus untuk semua manusia.
4. Wasatiyyah atau Tawazun (keseimbangan), yaitu: antara spiritual (ruhiyah) dan material (madiyah), antara individualisme (fardiyyah) dan sosialisme (jama’iyyah), antara realitas (waqi’iyyah) dan idealisme/utopia (mitsaliyyah), antara ketegasan (tsabat) dan fleksibilitas (taghayyur), dsb….Artinya, tidak mengabaikan aspek-aspek di atas dan memberikan porsi masing-masing secara adil.
5. Waqi’iyyah (Realistis), yaitu: Ajaran yang sesuai dengan:
a. Realitas alam semesta yang menunjukkan akan adanya Allah, Tuhan alam semesta,
b. Realitas kehidupan manusia dengan sifat baik buruknya, yang berakhir dengan kematian dan dilanjutkan dengan kehidupan akhirat yang abadi,
c. Realitas manusia sebagai makhluk yang komplek (terbuat dari unsur materi dan rohani, laki-laki dan perempuan, sebagai makhluk sosial, dsb…)
6. Wudluh (Kejelasan), yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
a. Kejelasan pokok-pokok dan prinsip ajaran.
b. Kejelasan sumber ajaran
c. Kejelasan maksud dan tujuan
7. Kombinasi antara tsabat (ketegasan prinsip) dan murunah (fleksibilitas) dalam ajarannya, misalnya:
a. Ketegasan dalam tujuan, dan fleksibilitas dalam strategi pelaksanaannya
b. Ketegasan dalam pokok dan prinsip ajaran, dan fleksibilitas dalam masalah yang bukan prinsip (furu’iyyah)
c. Ketegasan dalam moral dan etika, dan fleksibilitas dalam masalah duniawi dan kajian ilmiah.
Malang, 4 Juni 2010.

*KARAKTERISTIK UMUM AJARAN ISLAM* (Untuk Mewujudkan Perilaku Agama Yang Ideal/Al-Tadayyun Al-Mansyud)هههه

*tulisan pertama ini merupakan hasil bacaan dari buku الخصائص العامة للإسلام (Yusuf al-Qardlawi), terbitan Maktabah Wahbah Kairo (1397 H./1977 M.) dan akan disambung berikutnya dengan tema “FENOMENA PERILAKU KEHIDUPAN BERAGAMA YANG PINCANG (TADAYYUN MANQUSH)” juga hasil bacaan dari buku al-Tadayyun al-Manqush (Fahmi Huwaidi), sebagai kebalikan teori al-Tadayyun al-Mansyud (al-Qardlawi).

Comments :

0 komentar to “KARAKTERISTIK UMUM AJARAN ISLAM”


Posting Komentar